Rabu, 23/03/2011
Papua Juara di Tahun Perdana
Premiere Basketball League

Tim bola basket asal Papua, Cendrawasih mencetak hasil maksimal pada pergelaran Premier Basketball League 2011. Pada pertandingan final di GOR Pacific, Surabaya , Minggu (20/3), Cendrawasih menyudahi perlawanan Pacific Caesar Surabaya dengan 62-56.
 
Keberhasilan Cendrawasih menjadi juara jelas menggemparkan. Di semifinal yang menggunakan format the best of three, mereka menggulung juara Kobatama 2005, PIMNAD Putra Aceh dengan 2-0. Sementara Pacific menyudahi perlawanan Bogor Raya dengan 2-0 juga.
 
Di kompetisi reguler, Pacific adalah peringkat pertama dan memiliki rekor tak terkalahkan hingga sampai ke final. Namun melawan Cendrawasih yang tampil lepas, Pacific malah tampil kikuk.
 
“Pemain saya tidak siap juara. Kemenangan yang diperoleh selama ini tampaknya membuat mereka lupa daratan. Mereka terlalu percaya diri dan meremehkan lawan,” kata Willy Winoto, manajer Pacific, usai pertandingan seperti dikutip Jawa Pos.
 
Mengandalkan fisik yang tangguh dan ngotot, menjadi ciri khas Cendrawasih menjinakkan semua lawan. Pacific, PIMNAD, dan Bogor Raya adalah langganan babak play-off kompetisi yang dulunya bernama Kobatama ini.
 
Menurut pelatih Cendrawasih Cris Edi Malimongan, keberhasilan itu adalah hasil kerja keras para pemain Cendrawasih. “Saya sangat puas. Ini adalah buah dari kerja keras seluruh elemen tim,” ungkap Cris.
 
“Kami memang merencanakan bisa ke final. Kekompakan adalah kaca kunci menjinakkan Pacific di depan pendukung mereka,” ungkap Cris menambahkan.
 
Pada perebutan peringkat ketiga, PIMNAD Putra Aceh akhirnya memenanginya dengan kemenangan 8056 atas Bogor Raya. ”Walaupun hanya peringkat ketiga, kami bersyukur. Kami sudah berusaha maksimal di sini,” kata Lukman Hasibuan, pelatih PIMNAD, usai pertandingan.
 
Lukman, yang menjadi ketua PBL, mengaku senang dengan antusiasme yang ditunjukkan penonton Surabaya. ”Saya senang sekali dengan atmosfer tinggi di babak final ini. Semoga semakin sukses PBL di pergelaran berikutnya,” kata Lukman.
 


Berita Terkait

Jadwal dan Hasil Pertandingan
Selengkapnya