Rabu, 19/09/2012
Basket Putra DKI Gagal ke Final karena Mental
PON XVIII 2012 RIAU

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Tim bola basket putra DKI Jakarta gagal masuk ke babak final dalam pertandingan sengit melawan tim Jawa Barat di Hall A Rumbai, Pekanbaru, Selasa (18/9). Tim basket DKI harus mengakui keunggulan Jabar dengan skor akhir 83-88.

Asisten Pelatih DKI Jakarta, Rifky Antolyon, mengaku anak asuhnya itu tidak bermain lepas dan terbebani dengan gelar juara bertahan. "Anak-anak bermain kurang lepas karena beban mempertahankan gelar juara bertahan. Faktor mental dan Anak-anak bikin salah sendiri. Sementara tim Jabar lebih enjoy bermain," kata Rifky.

Kedua tim saling mengejar angka di babak semi final. Pada quarter pertama, Jabar yang diperkuat kapten Januar Kuntara unggul dengan skor 26-17. Tim DKI masih tertinggal poin di quarter kedua dengan skor 48-43 dan 65-70 di quarter ketiga. Di quarter keempat, DKI berusaha keras mengejar ketertinggalan poin dari Jabar. Di tiga menit terakhir, DKI pun sempat unggul 77-75 dari Jabar.

Rifky menambahkan, tim DKI telat start mulai menit awal dan ketinggalan jauh dari Jabar. Ketika balik memimpin di menit akhir, anak asuhnya justru bermain grogi dan sering membuat kesalahan sendiri sehingga menyebabkan keuntungan bagi lawan. Jabar mampu menyamakan kedudukan dengan skor 83-83. Tim Jabar dibawah asuhan Ricky Gunawan itu akhirnya berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 88-83 atas DKI Jakarta.

"Awalnya kedua tim imbang, tapi lebih ke arah mental. Selama (pertandingan) ini sempat unggul kemudian dikejar (tim DKI Jakarta) dan akhirnya menang," kata Pelatih basket Jabar Ricky Gunawan.

Tim basket Jabar berhak berlaga di final, Rabu (19/9) melawan tim Jateng yang lebih dulu membungkam Jatim dengan skor 82-72.(Timi)

Source from metrotvnews.com

 


Berita Terkait

Jadwal dan Hasil Pertandingan
Selengkapnya